Tuesday, October 28, 2014

SHIZUOKA UNIVERSITY NIFEE PROGRAM

National InterFacing Engineers Education Program 
Program Pendidikan Insinyur Aktif Lintas Negara
Program Kuliah Sarjana Untuk Mahasiswa dari Indonesia
Website NIFEE | NIFEE Program Brochure |
Peminat NIFEE PROGRAM dapat mendaftar melalui JIN. Hubungi JIN melalui telepon, email, whats-app, fb atau media komunikasi online lainnya untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.
PROGRAM
Program NIFEE diselenggarakan khusus untuk mahasiswa Indonesia, Vietnam dan Thailand. Setelah masuk kuliah, setengah tahun pertama dimulai dengan 10 jam pelajaran untuk pendidikan intensif dasar bahasa Jepang, disertai oleh Fisika, Kimia dan Matematika. Selama masa tersebut kuliah dilakukan dalam bahasa Jepang dan Inggris. Semester berikutnya mahasiswa akan menentukan jurusannya masing-masing dan bersamaan dengan mahasiswa Jepang akan mengikuti pendidikan sesuai jurusan yang dipilih, dalam bahasa Jepang. Telah disiapkan pembelajaran seperti Budaya Jepang, Industri Manufaktur Jepang, Energi dan Lingkungan, dsb. Mahasiswa dapata memperoleh bantuan kerjasama berupa observasi dan masukan dari perusahaan Jepang berhubungan dengan kesempatan kerja. Pada semester akhir tahun ke-4, diadakan tugas penelitian untuk kelulusan demi mencapai gelar sarjana dari universitas.
BIAYA KULIAH
Seperti universitas negeri di Jepang yang lain, biaya masuk universitas adalah sebesar 282.000 yen, dan biaya kuliah sebesar 267.900 yen per semester (tahun 2010), tetapi khusus untuk mahasiswa program NIFEE akan mendapatkan keringanan biaya masuk dan biaya kuliah sebanyak setengah biaya ataupun seluruhnya. Namun, apabila pada ujian akhir semester hasil nilai akademik tidak memuaskan, maka bantuan akan dihilangkan.
BEASISWA
Bagi mahasiswa berprestasi tersedia beasiswa seperti: (1) Mahasiswa asing dengan biaya kuliah sendiri (dari JASSO) 48.000 yen/bln untuk 1 tahun. (2) Shizuoka University International Foundation (dari Shizuoka University) 40.000 yen/bln untuk 6 bulan.  (3) Rotary Yoneyama Memorial Foundation (untuk tahun ke-3 dan ke-4) 100.000 yen/bln untuk 1-2 tahun. Ada juga beasiswa lainnya yang diberikan berdasarkan nilai akademik setelah masuk ke Universitas.
UJIAN PENERIMAAN
Program ini diperuntukkan bagi yang telah mengikuti EJU, JLPT atau tes bahasa inggris seperti TOEIC atu TOEFL. Untuk Indonesia, ujian akan diadakan di Jakarta. Apabila dinyatakan lolos, siapkan keberangkatan seperti visa dll. Keberangkatan ke Jepang adalah sekitar akhir bulan September. Kuliah dimulai tanggal 1 Oktober.
Persyaratan di bawah  ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi.
(1) Examination for Japanese University (EJU) Matematika(Course 2) 120/200, Fisika dan Kimia total 120/200, Bahasa Jepang (tidak diharuskan) 200/400.
(2) Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3 atau lebih, kalau N4 nilai minimal 135 poin.
(3) Bahasa Inggris(pilih salah satu) TOEFL(CBT) 150, TOEFL(iBT) 52, IELTS 4.5, TOEIC 500.
JADWAL
Akhir Januari: Penyerahan formulir
Awal Maret: Pemberitahuan ujian dan interview
Akhir Maret: interview dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris diikuti oleh ujian alternatif.
JURUSAN DI FAKULTAS TEKNIK SHIZUOKA
Mahasiswa program NIFEE dapat memilih dari 5 jurusan berikut, diikuti oleh pembagian yang lebih terpusat setelahnya.
Department of Mechanical Engineering
(Teknik Mesin/Mekanika)
Course of Aerospace and Environmental Engineering
(Kedirgantaraan/Antariksa dan Rekayasa Lingkungan)
Course of Intelligent Processing and Materials Engineering
(Teknik Material dan Kecerdasan buatan (A.I.))
Course of Opto-electronic and Precision Engineering
(Optoelektronik dan Rekayasa Presisi)
Department of Electrical and Electronic Engineering
(Teknik Elektro/Elektronika)
Course of Information Electronics
(Elektro-informatika)
Course of Energy and Electronic Control
(Energi dan Kontrol Elektronik)
Department of Electronics and Materials Science
(Ilmu Materi dan Elektronika)
Course of Electronics and Devices
(Elektronika dan Perangkat Keras)
Course of Materials Science and Engineering
(Ilmu Rekayasa Material)
Department of Applied Chemistry and Biochemical Engineering
(Kimia Terapan dan Biokimia)
Course of Applied Chemistry
(Kimia Terapan)
Course of Chemical and Bioengineering
(Kimia dan Bioteknologi)
Department of Mathematical and Systems Engineering
(Teknik Matematika dan Sistem)
PELUANG SETELAH LULUS
Sekitar 60% lulusan melanjutkan ke program pasca sarjana (S2). Alumni dari Shizuoka University ini banyak yang berkarir di perusahaan berskala internasional seperti Aisin, Bridgestone, Canon, Denso, Fujitsu, Fuji Xerox, Honda, Mitsubishi, NEC, Olympus, Otsuka, Panasonic, Pioneer, Epson (Seiko Epson), Sharp, Shiseido, Sony, Suzuki, Toshiba, TOTO, Toyota, Yahoo! Japan, Yamaha dan sebagainya.
KEHIDUPAN MAHASISWA
Pelajaran
Ada beberapa macam bentuk bantuan selama masa pendidikan kuliah.
1) Dosen Pembimbing: Meliputi seluruh proses kuliah dan berkonsultasi kehidupan mahasiswa.
2) Dosen Penanggung Jawab Mahasiswa Asing: Membantu memberikan arahan tata cara akademik kampus dan sebagainya.
3) Tutor: Memberikan bantuan perorangan perkuliahan dan kehidupan sehari-hari. Untuk mahasiswa tingkat 1 dan 2 dapat memilih tutor yang diinginkan.
4) Mahasiswa Relawan: Mahasiswa relawan jepang akan dengan terbuka untuk mengadakan konsultasi.
Tempat Tinggal
1) Asrama Mahasiswa Internasional:dapat ditempati 1 tahun. Kamar yang tersedia sekitar 35 unit, tetapi tidak semua peminat bisa masuk. Biaya garansi sebesar 10.000 yen dan biaya lainya (12.600 yen + 4.620 yen) dibayar pada saat masuk asrama pertama kali. Terakhir, biaya sewa kamar 5.900 yen/bln, 1.500 yen untuk biaya fasilitas kamar, dan juga biaya listrik dan air yang dibayar sesuai dengan banyaknya pemakaian.
2) Asrama: Ada 2 asrama di Hamamatsu. Pertama, asrama untuk mahasiswa asing dan mahasiswi jepang (fasilitas: bak mandi, toilet dan dapur). Biaya sewa 15.000 yen/bln lalu biaya listrik, air dan gas yang dibayar sesuai pemakaian. Biaya kebersihan 18.900 yen dibayar pada saat keluar dari asrama. Kedua adalah kamar untuk 2 mahasiswa dengan 1 kamar untuk mahasiswa asing dan jepang. Biaya sewa 600 yen/bln, biaya makan 16.000 yen/bln, dan juga biaya listrik, air dan gas.
3) Kontrakan umum: kampus tidak melayani pengurusan penempatan, tetapi informasi dapat diperoleh dari Koperasi Mahasiswa. Biaya sewa sekitar 45.000 yen. Ada juga mahasiswa asing yang menyewa apartemen besar untuk ditempati bersama.
Kerja Paruh Waktu
Kerja paruh waktu bisa dilakukan bila mendapat izin dari universitas dan imigrasi. Jam kerja dibatasi 28 jam/minggu dan tidak dianjurkan bekerja lebih dari 15 jam/minggu. Pada masa kuliah, penghasilan dari kerja paruh waktu bisa mencapai 50.000 yen/bln. Penghasilan tersebut dapat dipakai untuk biaya kehidupan sehari-hari (diluar biaya sewa tempat tinggal). Pada libur kuliah seperti libur musim panas dsb. jam kerja bisa lebih diperbanyak dan tentunya bisa memperoleh penghasilan yang lebih dari biasanya.

Sumber: http://jin.co.id/program/kuliah-di-jepang/nifee-program/

Post a Comment