Friday, June 6, 2014

Cara Jitu Menjadi Juara Kelas

Ingin menjadi juara kelas, tentu dong. Tapi otak saya biasa-biasa saja. Tidak masalah! syaratnya: Punya niat, kemauan dan sikap yang tepat dalam mewujudkan ambisinya. Masa sih?

Yupz. Untuk mendapatkan nilai baik dan bagus serta menajdi juara kelas, tidak harus punya otak yang jenius. Dari beberapa pengalaman juara kelas dan sudah terbukti bertahun-tahun, juara kelas ternyata bisa diraih semua orang. Nih Syaratnya. Pertama, senangi dulu pelajaran yang ditarget bernilai bagus. Tanpa rasa senang hasil belajar tidak akan maksimal. Paling tidak jangan membenci mata pelajarannya. And Jangan juga  membenci guru mata pelajaran, paling tidak netral, kalau tidak mungkin untuk suka.

Pasang tekad dan niat besar untuk menghasilkan nilai bagus. Siapkan diri untuk serius belajar, baik di sekolah saat jam pelajaran maupun saat kursus, belajar kelompok, di perpustakaan, dan sebagainya. Milikilah rasa ingin tahun yang besarkarena hanya pemilik rasa ingin tahu yang besar sajalah yang selalu belajar, dan memahami hal-hal baru. keingintahuan yang besar jgua bisa hilangkan rasa tidak suaka pada suatu materi pelajaran, atau guru pelajaran.

Manfaatkan jam pelajaran secara maksimal dengan serius mendengarkan pelajaran guru, catat keterangan dan informasi yang perlu agar bisa dibaca dan dipelajari ulang dilain waktu. Bersikap aktif menyimak pelajaran guru sekaligus berfikir dan berusaha memahaminya, akan membuat materi inti mudah masuk ke otak, sehingga tidak perlu bersusah payah memahaminya kelak diluar jam pelajaran atau pada masa ujian. Maka jangan ragu bertanya seketika itu pada guru.

Lihatlah kemampuan menulis sambil mendengarkan penjelasan.Ada orang yang bisa menulis cepat nyaris semua keterangan guru, tapi bisa menangkap hal-hal penting dan perlu sebenarnya sudah cukup. Baca materi buku pelajaran sebelum guru menjelaskan. selain membantu untuk memahami penejelasan guru nantinya, anda juga akan terbebas dari menulis hal yang sama dengan buku pelajaran. Jangan lupa baca lagi buku pelajran tersebut sepulang sekolah.

Lihatlah diri berfikir aktif sekaligus bersikap kritis saat belajar seorang diri. Bacalah dengan tujuan memahami. Jangan belajar dan membaca semata karena waktu belajar. Kerjakan semua tugas atau PR dari guru sebaik-baiknyakarena akan membantu ada dalam memahami mareri ajar. Nah, Jangan Lupa luangkan waktu yang cukup belajar di rumah. Makin sering dan lama adna belajar tentu akan lebih baik. ketika diri merasa bosan, capek, dan letih, tak ada salahnya untuk istirahat sejenak.

Mengambil waktu jeda istrirahat beberapa menit setelah belajar setengah jam bisa menjadi alternatif. Ingat, disiplin itu mutlak untuk kesuksesan hidup di bidang apapun. Seorang pelajar yang baik harus mengatur jadwal harian, memilah hal-hal penting dari tak penting, hal mendesak dan tak mendesak, dengan mendasarkan pda tujuan yang ingin dicapai.

Terpenting, jangan pernah menyerah dan putus asa. Wajar jika ada hal yang belum dan susah dimengerti. Sikapi setiap kesulitan dengan bijak, misalnya bertanya pada guru, teman, atau mencari sumber referensi dari buku maupun internet. Nah, jaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama belajar. Makanlah yang cukup, termasuk sebelum berangkat ke sekolah.

Beristirahat malam juga harus cukup, hindari bergadang.  Jangan lupa berolahraga, agar peredaran darah berjalan lancar. lakukan hobi-hobi positif yang membuat jiwa dan pikiran senang. Selalu berdoa dan mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa untuk diberikan kemudahan dalam belajar, dan tercapai cita-cita yang diharapkan.

Catatan tambahan: Miliki ambisi mengalahkan teman, karena hanya dengan ambisilah seseorang bisa memperoleh sesuatu yang besar. Berambisilah untuk selalu melakukan hal terbaik dan selalu menyempurnakan diri, tanpa terlalu berpikir banyak menyangkut orang lain. Selamat menjadi juara kelas. 

Post a Comment